OASE

Organisasi Aksi Sosial dan Ekologi atau Disingkat OASE adalah organisasi yang bertujuan untuk mendorong lingkungan hidup dan pemberdayaan kelembagaan dengan menggunakan tindakan partisipatif. Pendekatan yang digunakan untuk mendukung perencanaan partisipatif proyek-proyek kawasan yang memiliki perspektif daya dukung lingkungan hidup, budaya lokal yang terfokus pada perluasan ekonomi masyarakat.

Berdasar dari pengalaman dan pelaksanaan, OASE menyakini bahwa perencanaan untuk pelaksanaan dan sumber daya alam yang mampu dan dapat dilakukan melalui partisipatif dan kolaboratif multi pihak. Partisipatif dan kolaboratif multi pihak adalah prinsip dan kunci OASE untuk mendorong berbagai faktor, regulasi, dan lingkungan yang terjadi pada masalah-masalah sosial dan ekologi.

OASE didirikan pada 6 Desember 2016 di Bantaeng dengan wilayah kerja di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. OASE diaktenotariskan pada 07 Februari 2017 dengan nomor 014 oleh notaris Darmawati, SH, M.Kn. Dan pada Musyawarah Besar dimulai di Bantaeng pada 21 Januari 2017, Oase menetapkan:

Visi

Terwujudnya kesetaraan ruang dan pengelolaan sumber daya alam yang adil melalui tata kelola yang baik

Misi

  1. Pendahuluan
  2. Mengintegrasikan pengetahuan lokal dalam perencanaan dan pengelolaan sumber daya alam.
  3. Melakukan data / informasi spasial melalui pemetaan partisipatif
  4. Membangun kesadaran para pihak untuk melakukan tata kelola ruang, regulasi, dan penguatan yang kuat untuk mengelola Sumber Daya Alam berdasar prinsip-prinsip kolaboratif yang berperspektif gender.
  5. Membangun usaha mengumpulkan potensi lokal.

Oase berasaskan Pancasila dengan nilai-nilai Dasar;

  1. Demokrasi
  2. Keadilan ruang
  3. Keadilan ekologi
  4. Mengakui dan menghormati kearifan lokal
  5. Profesional dan edukatif
  6. Kesetaraan gender
  7. Solidaritas sosial
  8. Non-partisan.